Sabtu, 29 November 2014

Segmentig, Targetting, and Positioning Bisnis Ice Blend





v   
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
 
Dibeberapa sudut perkotaan, usaha Ice Blend atau yang biasa disebut Bubble telah menjadi bisnis minuman yang sangat potensial untuk tambahan penghasilan. Bisnis minuman seperti ini saya jadikan bisnis rumahan milik sendiri atau Brand(Waralaba).
.
A.      PRODUK YANG DESEDIAKAN
KEUNGGULAN:
a.       Menggunakan bahan Bubble Ice impor yang berkualitas
b.       Investasi relatif kecil
c.        Cepat balik modal, proyeksi kurang dari setahun
d.       Sistem usaha yang sederhana dan telah terbukti berhasil
e.        Mudah dikelola, tidak dibutuhkan keahlian dan pengalaman usaha
f.        Sedikit keterlibatan waktu, cocok untuk Anda yang sibuk
g.       Potensi pertumbuhan yang luar biasa, bisa membuka lebih dari satu outlet.
h.       Pangsa pasar yang besar dan terus tumbuh
i.         Mempunyai bisnis milik Anda sendiri
j.         Proteksi wilayah outlet
k.       Tidak butuh tempat usaha yang besar
l.         Tidak membutuhkan banyak karyawan
m.     Tidak membutuhkan karyawan dengan keahlian khusus

B.      SEGMENTING PEMASARAN PRODUK

Pemilihan usaha yang strategis dengan acuan : 
a.       Banyak peminat 
b.      Mudah di jangkau 
c.       Belum ada atau masih sedikit pesaing 
d.      Wilayah Pemasaran:
            ·         Bekasi 
·           Jakarta
e.      Jalur Distribusi:
·         Individu
·         Perumahan
·           Sekolah
·         Perkantoran
·         Perkampusan 
f.        Alamat Penjualan:
Ø  Jalan Bungur Raya no 88 Kebayoran Lama, Jakarta 12240 .
Ø  Jl Gunung Sahari 3 no 1 B, Jakarta.
Ø  Kodam Bintaro Permai No 9 R, Jakarta.
Ø  Jl Dr. Makaliwe 1/9 Grogol, Jakarta Barat 11450 Indonesia.
Ø  Jl. Raya Kalimalang Bekasi, Ruko Bumi Satria Kencana Blok B No 413.
Ø  Jalan Duri Kosambi no 12 Cingkareng, Jakarta 11750.
Ø  Jalan Raya Cilincing no 1 Jakarta utara.
Ø  Jl Pemuda no 66 Rawamangun Jakarta Timur 13220. 16.
Ø  Jalan Raya Cilincing no 1 Jakarta utara.
C.      TARGETING PEMASARAN PRODUK
Pemasaran yang di tuju adalah perumahan, kalangan remaja, anak-anak, mahasiswa dan siapapun yang senang hangout dengan teman, sahabat, keluarga dan senang dengan kuliner. Kami akan memajukan usaha yg berawal dari minuman dengan menambahkan makanan, membuka kedai yang lebih besar lagi.

D.      STRATEGI PEMASARAN
·         Pengembangan Wilayah 
Untuk saat ini pengembangan pemasaran sudah berada di wilayah Jakarta dan Bekasi. Dan selanjutnya kami akan meluaskan wilayah di daerah Jogjakarta, Bandung. Dimana kami akan mencari wilayah yang strategis, banyak peminat dan jarang pesaing.
·         Kegiatan Promosi 
Promosi yang kami gunakan adalah membuat brosur dan memberi diskon untuk pembelian buy 1 get 1 free per bulannya.
·         Harga:
1.      Original Bubble                 :  Rp 6.000
2.      Bubble Complete              :  Rp 8.000
3.      Bubble with Topping        :  Rp 10.000
4.      Mie Instant Level              :  Rp 8.000
5.      Sosis Bakar Small             :  Rp 2.000
6.      Sosis Bakar Large             :  Rp 7.000
7.      Ice Cream Goreng             :  Rp 5.000
8.      Roti Bakar                         :  Rp 8.000
Pemasukan dalam sebulan      :  Rp 1.620.000
Pengeluaran:
1.      Listrik                                :  Rp 200.000
2.      Air                                     :  Rp 100.000
3.      Biaya Lain-lain                  :  Rp 250.000
Total Pengeluaran                   :  Rp 550.000
Keuntungan                            :  Rp 1.070.000

E.       ANALISIS RISIKO USAHA
1. Daya tahan yang kurang lama.
2. Cepat Banyak Mendapatkan Pesaing
3. Musiman
4. Cepat Bangkrut

F.        POSITIONING
Bisnis Pop Ice adalah bisnis yang sudah sering dan banyak orang yang membuka usaha kedai pop ice. Disini saya membuka kedai mini dengan memperjualkan minuman dan sekarang menambahkan ke makanan dan membesarkan kedai kecil saya. Dengan begitu walaupun banyak pesaing saya bisa bersaing dengan menambahkan banyak variasi di dalam menu. Disini saya sebagai pembuka usaha kecil-kecilan dan saya yang memanage usaha saya sendiri dan Alhamdulillah banyak langganannya, karena mereka percaya kedai kami menjaga kehigienisan produk yang kami bikin dengan ini saya bisa menyakinkan kepada pelanggan saya untuk tetap membeli produk yang kami jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar